beritadunesia-logo

Provinsi Maluku Utara

logoNama Resmi : Kabupaten Halmahera Barat
Ibukota :  Jailolo
Luas Wilayah: 2.755  km²
Jumlah Penduduk:  94.644  Jiwa
Wilayah Administrasi:Kecamatan : 9
Bupati : Ir. NAMTO HUI ROBA
Wakil Bupati: H. HUSEN ABD. FATAH, S.IP
Alamat Kantor:
Telp.
Fax.


SEJARAH

Kabupaten Halmahera Barat merupakan salah satu Kabupaten yang dimekarkan dari Kabupaten Maluku Utara yang semula merupakan Kabupaten Induk berdasarkan Undang-undang Nomor  1 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Sula Kepulauan dan Kota Tidore Kepulauan pada tanggal 25 Februari 2003. 
Kabupaten Halmahera Barat dengan Ibukota Jailolo yang dimekarkan dari Kabupaten Maluku Utara  semula  terdiri dari   5 (lima) Kecamatan  antara lain:  
          Kecamatan Jailolo
          Kecamatan Jailolo Selatan
          Kecamatan Sahu
          Kecamatan Ibu
          Kecamatan Loloda.
Kabupaten Maluku Utara di pimpin oleh GAHRAL SJAH sebagai Bupati  dan  A. MOCH SAID sebagai  Wakil Bupati pada periode  2001-2005 dan selanjutnya tercatat sebagai Bupati dan Wakil Bupati pertama di Kabupaten Halmahera Barat.  Seiring dengan bergulirnya waktu dan pertumbuhan penduduk yang begitu cepat, dan perkembangan aspirasi masyarakat serta rentang kendali pemerintahan yang terlalu jauh maka berdasarkan Perda No. 7 tanggal 21 Desember 2005 terjadi Pemekaran 3 (tiga) Kecamatan yang meliputi: Kecamatan Sahu Timur, Kecamatan Ibu Utara, Kecamatan Ibu Selatan, serta  Perda No. 6 tahun 2005 tentang  Pemekaran  Kecamatan  Jailolo  Timur,  maka saat itu wilayah  administratif  Kabupaten Halmahera Barat  terdiri dari 9 (Sembilan) Kecamatan.  Secara rinci sebagai-berikut:
         Kecamatan Jailolo
          Kecamatan Ibu Utara
          Kecamatan Jailolo Selatan
          Kecamatan Ibu
          Kecamatan Jailolo Timur
          Kecamatan Ibu Selatan
          Kecamatan Sahu
          Kecamatan Loloda
         Kecamatan Sahu Timur
Pemerintahan Kabupaten Halmahera Barat sejak Tanggal 4 Pebruari 2006  di pimpin oleh Bupati  dan Wakil  Bupati  pilihan rakyat  untuk pertama kalinya yaitu IR. NAMTO H. ROBA dan IR. PENTA LIBELA NUARA.