beritadunesia-logo

Provinsi Sumatera Selatan

logoNama Resmi : Kabupaten Muara Enim
Ibukota :  Muara Enim
Luas Wilayah:
7.300,50 km²
Jumlah Penduduk:  622.970 Jiwa
Wilayah Administrasi:Kecamatan : 22
Bupati : Ir. Muzakir Sai Sohar
Wakil Bupati: H. Nurul Aman, SH
Alamat Kantor:  Jl. Jend. A. Yani No. 16, Muara Enim - Sumatera Selatan
Telp.  (0734) 421001
Fax.
Website : http://web.muaraenimkab.go.id/

Kabupaten Muara Enim adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Muara Enim. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 7.300,50 km² dan populasi penduduk lebih dari 550.000 jiwa.

 

Geografi

Secara geografis posisi Kabupaten Muara Enim terletak antara 4° sampai 6° Lintang Selatan dan 104° sampai 106° Bujur Timur. Kabupaten Muara Enim merupakan daerah agraris dengan luas wilayah 7.300,50 km², terdiri atas 20 kecamatan. Bumi Serasan Sekundang memiliki batas wilayah:
Utara    : Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
Selatan :Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Kaur (Provinsi Bengkulu)
Barat    :Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Lahat, Kota Pagar Alam
Timur    :Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Ilir, Kota Prabumulih

Kondisi topografi daerah cukup beragam, daerah dataran tinggi di bagian barat daya, merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan, meliputi Kecamatan Semende Darat Laut, Semende Darat Ulu, Semende darat Tengah dan Kecamatan Tanjung Agung. Daerah dataran rendah, berada di bagian tengah (Muara Enim, Ujan Mas, Benakat, Gunung Megang, Rambang Dangku, Rambang, Lubai) terus ke utara–timur laut, terdapat daerah rawa yang berhadapan langsung dengan daerah aliran Sungai Musi, meliputi Kecamatan Gelumbang, Sungai Rotan, dan Muara Belida.

Pemerintahan

Pada awal terbentuknya Kabupaten Muara Enim bernama Kabupaten Lematang Ilir Ogan Tengah (LIOT). Terbentuknya Kabupaten Muara Enim berawal dari sejarah yang dilakukan oleh panitia Sembilan sebagai realisasi surat Keputusan Bupati Daerah Kabupaten Lematang Ilir Ogan Tengah tanggal 20 November 1946, hasil karya panitia tersebut disimpulkan dalam bentuk kertas yang terdiri dari 10 Bab, dangan judul Naskah Hari Jadi Kabupaten Lematang Ilir Ogan Tengah dan dan telah dikikuhkan dengan surat keputusan Bupati Kepala Daerah Kabupaten Lematang Ilir Ogan Tengah tanggal 14 Juni 1972 No. 47/Deshuk/1972. Tanggal 20 November tersebut kemudian menjadi dasar hari jadi Kabupaten Muara Enim.

Kabupaten Muara Enim sebelumnya terdiri dari 22 kecamatan[3] kemudian pada tahun 2012 bertambah tiga kecamatan, yaitu Belimbing, Belida Darat, dan Lubai Ulu, sehingga menjadi 25 kecamatan, dan terakhir menjadi 20 kecamatan sejak keluarnya UU Nomor 7 Tahun 2013, di mana lima kecamatan dalam kabupaten ini, yaitu Talang Ubi, Penukal Utara, Penukal, Abab, dan Tanah Abang, bergabung membentuk kabupaten sendiri yaitu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Berikut adalah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim.

    Semende Darat Laut
    Semende Darat Tengah
    Semende Darat Ulu
    Tanjung Agung
    Lawang Kidul
    Muara Enim
    Ujan Mas
    Benakat
    Gunung Megang
    Rambang Dangku
    Lubai
    Rambang
    Gelumbang
    Sungai Rotan
    Lembak
    Kelekar
    Muara Belida
    Belimbing
    Lubai Ulu
    Belida Darat