beritadunesia-logo

Provinsi Sumatera Barat

 Nama Resmi : Kota Payakumbuh

Ibukota : Payakumbuh

Luas Wilayah: 8,10 km²

Jumlah Penduduk:  105.005  Jiwa

Wilayah Administrasi:Kecamatan : 3

Walikota : Riza Falepi, ST., MT.

Wakil Walikota : Drs. Suwandel Mukhtar, M.M

Alamat Kantor: Jl. Jend. Sudirman No. 17, Payakumbuh - Sumatera Barat

Telp. (0752) 92201, 92601

Fax.

Website : http://payakumbuhkota.go.id/

Sejarah

Kota Payakumbuh terutama pusat kotanya dibangun oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Sejak keterlibatan Belanda dalam Perang Padri, kawasan ini berkembang menjadi depot atau kawasan gudang penyimpanan dari hasil tanam kopi dan terus berkembang menjadi salah satu daerah administrasi distrik pemerintahan kolonial Hindia-Belanda waktu itu.

Menurut tambo setempat, dari salah satu kawasan di dalam kota ini terdapat suatu nagari tertua yaitu nagari Aie Tabik dan pada tahun 1840, Belanda membangun jembatan batu untuk menghubungkan kawasan tersebut dengan pusat kota sekarang.[3] Jembatan itu sekarang dikenal juga dengan nama Jembatan Ratapan Ibu.

Payakumbuh sejak zaman sebelum kemerdekaan telah menjadi pusat pelayanan pemerintahan, perdagangan, dan pendidikan terutama bagi Luhak Limo Puluah. Pada zaman pemerintahan Belanda, Payakumbuh adalah tempat kedudukan asisten residen yang menguasai wila­yah Luhak Limo Puluah, dan pada zaman pemerintahan Jepang, Payakumbuh menjadi pusat kedudukan pemerintah Luhak Limo Puluah.