beritadunesia-logo

Provinsi Sumatera Barat

logoNama Resmi : Kabupaten Tanah Datar

Ibukota : Batu Sangkar

Bupati : Drs. H. Irdinansyah Tarmizi

Wakil Bupati :  Zuldafri Darma

Luas Wilayah: 1.336,1 km²

Jumlah Penduduk:  341.863  Jiwa

Wilayah Administrasi:Kecamatan : 14

Alamat Kantor: Jl. Sultan Alam Bagagarsyah, Batusangkar - Sumater Barat

T :  (0752)574522

F : (0752)71201

W : http://www.tanahdatar.go.id

 

Selayang Pandang

Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu dari 19 Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat dengan ibukota Batusangkar. Kabupaten yang berada ditengah propinsi Sumatera Barat ini merupakan Kabupaten terkecil luas wilayahnya, yaitu 133.600 Ha (1.336 Km2). Jumlah penduduk Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2006 adalah 345.383.


Kabupaten Tanah Datar adalah daerah agraris, lebih 70% Penduduknya bekerja pada sektor pertanian, baik pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan maupun peternakan. Begitu juga dengan usaha masyarakat pada sektor lain juga berbasis pertanian seperti pariwisata dan industri kecil atau agro industri. Masyarakat yang telah bertani secara turun temurun ini mempunyai motivasi dan semangat kerja yang tinggi.

Luhak Nan Tuo, nama lain dari Kabupaten Tanah Datar. Ada suatu keyakinan bagi masyarakat Minangkabau bahwa asal usul orang Minangkabau dari Kabupaten Tanah Datar, tepatnya dari Dusun Tuo Pariangan Kecamatan Pariangan. Sebagai buktinya masih terdapat Sawah Satampang Baniah, Lurah Nan Indak Barangin, Galundi Nan Baselo dan Kuburan Panjang Datuk Tantejo Gurhano yang dikenal sebagai arsitek rumah gadang. Kemudian dari Luhak Tanah Datar inilah kemudian orang Minangkabau berkembang dan berpindah ke daerah lain seperti Luhak 50 kota dan Luhak Agam.

Di Kabupaten Tanah Datar saat ini masih banyak terdapat peninggalan sejarah adat Minangkabau tersebut, baik berupa benda maupun tatanan budaya adat Minangkabau. Dan masyarakatnya dikenal kuat memegang ajaran adat Minangkabau dan agama Islam. Mereka menyebutnya dengan “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”. Ikrar ini disebut juga dengan Sumpah Satie yang juga di Tanah Datar dilahirkan, yaitu tempatnya di Bukit Marapalam Puncak Pato Kecamatan Lintau Buo Utara.