beritadunesia-logo

Provinsi Riau

logoNama Resmi : Kabupaten Rokan Hulu

Ibukota : Pasir Pengairan

Luas Wilayah : 6.283,10 km²

Jumlah Penduduk :  340.701  Jiwa

Wilayah Administrasi : Kecamatan : 12

Bupati : Drs. H. Achmad, M.Si

Wakil Bupati : Ir. H. Hafith Syukri, MM

Alamat Kantor : Jl. Diponegoro Km. 6, Pasir Pengairan - Riau

Telp. (0762) 91169, 91029

Fax. (0762) 91169, 91352

Website : www.rokanhulukab.go.id

 

 

Sejarah

Sebelum penjajahan Belanda, wilayah Rokan Hulu terbagi menjadi dua wilayah ; wilayah Rokan Kanan yang terdiri dari Kerajaan Tambusai, Kerajaan Rambah dan Kerajaan Kepenuhan, dan wilayah Rokan Kiri yang terdiri dari Kerajaan Rokan IV Koto, Kerajaan Kunto Darussalam serta beberapa kampung dari Kerajaan Siak (Kewalian negeri Tandun dan kewalian Kobun), kerajaan-kerajaan ini sekarang yang disebut dengan Lima Lukah.

Dalam kerajaan tersebut di atas dikendalikan oleh Kerapatan Ninik sedangkan penyelenggaraan pemerintahan kekampung-kampung diselenggarakan oleh Penghulu Adat, mashur dikenal rakyat kata-kata yang berbunyi “ Raja itu dikurung dikandangkan oleh Ninik Mamak” .

Kemudian pada tahun 1905 kerajaan-kerajaan dalam dua wilayah tersebut mengikat perjanjian dengan Belanda dan dari pihak Belanda diakuilah berdirinya kerajaan-kerajaan itu sebagai Landscape serta setiap peraturan kerajaan mendapat pengesahan dari perwakilan Belanda barulah dapat dijalankan.

Pada masa Penjajahan Belanda ini banyak tokoh-tokoh Islam yang anti penjajahan seperti Tuanku Tambusai (Pahlawan Nasional), Tuanku Syekh Abdul Wahab Rokan, Sultan Zainal Abidinsyah dan lainya yang berjuang menentang penjajahan. Perjuangan ini dibuktikan dengan adanya benteng tujuh lapis, beberapa kubu kecil yang namanya masih lekat sebagai nama desa tertentu seperti, Kubu jua, Kubu manggis, Kubu joriang, dll.

Pada masa Jepang, pemerintahan berjalan seperti biasanya namun setelah beberapa raja ditangkap oleh Jepang maka pemerintahan dijalankan oleh Kuncho yang diangkat oleh Jepang.

Kemudian dimasa kemerdekaan, Lanschap dimasa Belanda dan KU dimasa Jepang dijadikan Kecamatan yang dikepalai oleh Camat sampai saat sekarang kedua wilayah Rokan Kiri dan Rokan Kanan telah disatukan menjadi Kabupaten Rokan Hulu dengan ibunegeri Pasir Pengarayan.