beritadunesia-logo

Provinsi Maluku Utara

logoNama Resmi : Kabupaten Halmahera Utara
Ibukota :  Tobelo
Luas Wilayah: 24.983 km²
Jumlah Penduduk:  220.765   Jiwa
Wilayah Administrasi:Kecamatan : 9
Bupati : Ir. HEIN NAMOTEMO, MSP
Wakil Bupati: DR. RUSMAN SOLEMAN, SE, M.Si, Ak
Alamat Kantor:
Telp.
Fax.
Website : http://www.halmaherautarakab.go.id/

SEJARAH

 Kabupaten Halmahera Utara terbentuk pada 31 Mei 2003 berdasarkan UU No. I Thn 2003. Secara Administratif, wilayah kabupaten ini terdiri terdiri dari 9 (sembilan) kecamatan dan 174 desa. Sembilan kecamatan tersebut adalah : Kecamatan Loloda Utara (21 desa), Kecamatan Morotai Utara (17 desa), Kecamatan Morotai selatan (17 desa), Kecamatan Morotai Selatan Barat (13 desa), Kecamatan Galela (23 desa), Kecamatan Tobelo (13 desa), Kecamatan Tobelo Selatan (13 desa), Kecamatan Kao (41 desa) dan Kecamatan Malifut (16 desa).
Setelah penetapan Bupati dan Wakil Bupati defenitif maka jumlah kecamatan dimekarkan menjadi 22 kecamatan yaitu Tobelo, Tobelo Selatan, Galela, Morsel, Moselbar, Morut, Kao, Malifut, Loloda Utara, Tobelo Utara, Tobelo Tengah, Tobelo Timur, Tobelo Barat, Galela Barat, Galela Utara, Galela Selatan, Morotai Timur, Morotai Jaya, Loloda Kepulauan, Kao Utara, Kao Barat dan Kao Teluk. Sementara itu jumlah desa dimekarkan menjadi 254 desa.
Ibukota Halmahera Utara terletak di Tobelo. Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung perekonomian seperti pelabuhan, bank, pasar maupun aktivitas bisnis primer secara dominan terkonsentrasi di kota ini. Hal ini menjadikan peranan kota Tobelo lebih dari sekedar pusat administrasi pemerintahan. Kota ini menjadi urat nadi aktifitas bisnis di wilayah Halmahera Utara.
Terletak di tepi utara semenanjung Halmahera dan berbatasan langsung dengan samudera pasifik, merupakan keuntungan geografis bagi Kabupaten Halmahera Utara. Hal ini secara historis telah terbukti pada periode perang dunia kedua, dimana wilayah Halmahera Utara khususnya Kao dan Pulau Morotai menjadi rebutan antara pihak Jepang dan sekutu guna dijadikan basis strategis untuk wilayah pasifik. Karenanya wilayah Kabupaten Halmahera Utara sangat memungkinkan untuk dijadikan gerbang niaga internasional, baik untuk skala provinsi Maluku Utara atau bahkan Indonesia.