beritadunesia-logo

Provinsi Lampung

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b5/LOGO_TULANG_BAWANG_BARAT.pngNama Resmi : Kabupaten Tulang Bawang Barat
Ibukota : Panaragan Jaya
Luas Wilayah : 1.201 km2
Bupati : H. Umar Ahmad, SP
Wakil Bupati : Fauzi Hasan, SE, MM
Jumlah Penduduk : 228.677 jiwa
Kecamatan : 9
Website : http://www.tulangbawangbaratkab.go.id/
Alamat Kantor: Jl. Diponegoro No. 86 Panaragan Jaya Kode Pos 34593
Telp. -
Fax. -
Email : info@tulangbawangbaratkab.go.id


Sejarah

Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tuba Barat) merupakan kabupaten baru hasil pemekaran dengan Kabupaten Tulang Bawang. Kabupaten ini baru diresmikan pada tahun 2008 oleh oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto. Sebagai kabupaten baru, infrastruktur kabupaten ini masih terbatas. Penduduk Kabupaten Tuba Barat didominasi warga pendatang transmigran dari daerah Jawa, Sunda dan Bali. Mata pencarian utama penduduk adalah berkebun karet, sawit dan bertani.

Seperti halnya beberapa daerah di Provinsi Lampung, Kabupaten Tuba Barat banyak dihuni suku pendatang seperti Jawa dan Sunda yang mayoritas beragama Islam dan Suku Bali yang menganut agama Hindu. Namun suku mayoritas di Tuba Barat adalah suku Jawa sehingga bahasa Jawa sangat umum digunakan oleh penduduk sebagai bahasa pengantar sehari-hari.
 
Melalui website ini, kami berharap selain sebagai pusat informasi publik mengenai Kabupaten Tulang Bawanng Barat, juga akan dapat menjadi representasi bahwa sebagai wilayah baru Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki banyak sekali potensi untuk menjadi yang lebih baik - lebih maju - dan lebih terdepan dalam berbagai aspek pembangunan.