beritadunesia-logo

Provinsi Jawa Timur

https://salsabilafathiya2597.files.wordpress.com/2015/07/c7501-logomojokerto.pngNama Resmi : Kabupaten Mojokerto
Ibukota : Mojokerto dan Mojosari
Bupati : H. Mustofa Kamal Pasa, SE.
Wakil Bupati : H. Pungkasiadi, SH.
Luas Wilayah : 969,36 KM2
Jumlah Penduduk :  1.162.630 jiwa
Wilayah Administrasi : Kecamatan : 18
Alamat Kantor : Jl. A. Yani No. 16 Mojokerto
T :  (+62321) 391268
F :  (+62321) 391268
W : www.mojokertokab.go.id

 

Sejarah

Kabupaten Mojokerto adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten yang secara resmi didirikan pada tanggal 9 Mei 1293 ini merupakan wilayah tertua ke-10 di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lamongan di utara, Kabupaten Gresik; Kabupaten Sidoarjo; dan Kabupaten Pasuruan di timur, Kabupaten Malang dan Kota Batu di selatan, serta Kabupaten Jombang di barat.

Kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Dulu pusat pemerintahan berada tepat di Kota Mojokerto, namun kini banyak gedung dan kantor pemerintahan yang dipindahkan ke Kecamatan Mojosari sebelah timur kota Mojokerto setelah Kota Mojokerto berdiri pada tanggal 20 Juni 1918. Kabupaten Jombang dahulu juga merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Mojokerto sebelum diberi kemandirian manjadi sebuah Kabupaten sendiri pada tahun 1910. Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

 

Olahraga

PS Mojokerto Putra (PSMP Mojokerto) adalah klub sepak bola yang berasal dari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Klub ini bermarkas di Stadion Gajahmada, Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur yang berkapasitas 10.000 penonton. Tim ini memperoleh dana dari dana APBD Kabupaten Mojokerto dalam jumlah yang sangat sedikit, meskipun tidak didukung dengan dana yang sangat besar, tim ini mampu menjuarai Divisi 1 Liga Indonesia musim 2008/2009 Juara Divisi 1 Liga Indonesia 2008/2009 dan sekarang menjadi anggota Divisi Utama Liga Indonesia. Bukan IPL. sekarang nama PSMP di ganti menjadi RHEZA MP pergantian itu dikarenakan perubahan kepemilikanya.

 

Pembagian administratif

Kabupaten Mojokerto dibagi menjadi 18 Kecamatan, yang dibagi lagi menjadi beberapa Desa. 4 Kecamatan terletak di utara sungai Brantas dan 14 kecamatan terletak dari selatan sungai Brantas sampai di kaki Gunung Welirang. Pusat pemerintahan Kabupaten Mojokerto dulu berada tepat di tengah Kota Mojokerto sebelum Kota Mojokerto berdiri. Sekarang pusat pemerintahan Kabupaten Mojokerto dipindah ke Kecamatan Mojosari yang terletak belasan kilometer di timur Kota Mojokerto. Kabupaten Jombang yang saat ini berdiri, dahulu juga merupakan bagian dari Kabupaten Mojokerto sebelum Jombang berpisah pada tahun 1910. Kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto adalah:

    Kecamatan Dawarblandong
    Kecamatan Kemlagi
    Kecamatan Jetis
    Kecamatan Gedeg
    Kecamatan Mojoanyar
    Kecamatan Sooko
    Kecamatan Bangsal
    Kecamatan Puri
    Kecamatan Trowulan
    Kecamatan Jatirejo
    Kecamatan Dlanggu
    Kecamatan Mojosari
    Kecamatan Pungging
    Kecamatan Kutorejo
    Kecamatan Ngoro
    Kecamatan Gondang
    Kecamatan Trawas
    Kecamatan Pacet