beritadunesia-logo

Tips memilih headphone

Kamis,2015-11-26,07:16:08
tips-memilih-headphone | Berita Positive
(Berita Dunesia) Jakarta - Manajer Pemasaran Produk Sennheiser Electronic Asia, Wee Hong, berbagi tips untuk memilih headphone yang paling cocok untuk kebutuhan anda, yang dimulai dari menentukan jenis musik apa yang akan anda dengarkan.

Hong menyebutkan enam hal penting harus diketahui sebelum memilih, yakni jenis musik yang akan anda dengarkan atau banyak anda dengarkan, kapan dan di mana anda menggunakannya, desain paling cocok, jenis tangkupan headphone, berkabel atau nirkabel serta jenis pemutar musik.

"Pertama-tama pastikan jenis musik apa yang akan atau banyak anda dengarkan, terbagi dalam tiga jenis yakni Jazz, Rock atau Electronic," kata Hong dalam sesi temu media si Jakarta, Rabu.

Untuk jenis musik Jazz/Acoustic/Unplugged, anda membutuhkan headphone yang mampu memenuhi kebutuhan karakter suara yang lembut disertai tata suara panggung dan kejernihan suara alat-alat musik.

Sedangkan jenis musik Rock, sebaiknya memilih headphone yang mumpuni untuk mendukung raungan suara gitar elektrik atau ritem dari bas yang dimainkan grup-grup musik kegemaran anda.

Sementara untuk musik Electronic, headphone yang anda pilih haruslah berkemampuan untuk mengeluarkan musik ataupun bebunyian rekaan dari alat-alat elektronik.

Setelah memastikan jenis musik, anda harus memperhatikan di mana dan kapan anda lebih banyak menggunakan headphone.

"Tentu akan berbeda apabila anda kerap menggunakan headphone di perjalanan dalam kereta api dalam kota, di pesawat, di rumah ataupun di kantor," kata Hong.

Fitur kedap kebisingan dari luar merupakan hal penting yang membedakan kebutuhan lokasi pengunaan headphone tersebut.

Selanjutnya tentukan desain headphone yang cocok dengan anda, apakah tersemat ke dalam telinga (in-ear), menempel di daun telinga (on-ear) atau membungkus daun telinga (over-ear).

"Tiap-tiap desain ada keunggulannya sendiri, misalkan fitur kedap kebisingan lebih dimiliki in-ear dan over-ear, sementara keringkasan tanpa mengurangi produksi suara yang ada di model on-ear," kata Hong.

Selain itu Hong juga menyebutkan desain over-ear sangat cocok untuk mendengarkan jenis musik jazz, karena dengan kian jauh pengeras suara dari telinga tercipta ruang yang menjadi tempat berkembangnya tata ruang suara ala panggung.

Jenis tangkupan juga perlu diperhatikan, apakah anda ingin headphone yang suaranya semata hanya bisa anda dengar sendiri atau sengaja bisa dibagikan ke sebelah anda.

Kemudian untuk pilihan kabel atau nirkabel, masing-masing memiliki keunggulan, misalnya yang berkabel menjamin tidak adanya gangguan suara yang keluar karena tidak ada potensi intervensi gelombang penerima suara laiknya di headphone nirkabel.

Media pemutar musik juga menjadi hal penting lainnya, karena tiap-tiap pemutar musik baik itu ponsel, komputer tablet, komputer meja, memiliki besaran produksi suara yang berbeda.

"Risikonya kalau anda salah pilih, keluaran suara maupun musik yang anda dengarkan menjadi tidak optimal," ujarnya.

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO