beritadunesia-logo

Sambut Galungan, Festival Penjor Digelar di Kuta

Sabtu,2016-02-06,09:36:16
sambut-galungan-festival-penjor-digelar-di-kuta- | Berita Positive
Ilustrasi Penjor galungan
(Berita Dunesia)
KUTA  - Dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan yang jatuh pada Rabu 10 Februari 2015, South Kuta Beach Business Association(SKBBA) dan Desa Adat Kuta menggelar Festival Penjor. Festival ini diikuti oleh hotel-hotel yang ada di kawasan Jalan Kartika Plaza Kuta.

"Acara ini dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan. Jalan Kartika Plaza bagus, jalur lalu lalang turis, kita tekankan kepada turis bahwa ada acara yang unik dan menarik," kata Ketua Panitia acara, Nyoman Gede Suasta, di Kuta, Badung, Bali, Jumat (5/2/2916).

Suasta juga menyampaikan bahwa seni budaya Bali agar dikenal oleh mereka yang melakukan kunjungan wisata. Acara ini diyakin mampu menarik perhatian wisatawan terutama asing.

"Saya optimis. Ini terbukti bisa dilihat sendiri bagaiman wisatawan banyak yang mendekat, melihat dan mengambil foto untuk diabadikan. Ini bukti ketertarikan mereka," katanya.

Festival Penjor kali ini diselingi dengan lomba membuat Gebokan (menyusun buah) yang biasanya untuk sarana persembahyangan umat Hindu yang bisa diartikan lain adalah sesaji tradisional Bali yang berbentuk segitiga mengerucut dengan bahan buah-buahan.
 
SRI LESTARI, Peserta sedang membuat Penjor di acara Festival Penjor di Kuta, Badung, Bali, Jumat (5/2/2016), dalam menyambut Hari Raya Galungan.
 
 
Sementara Penjor adalah sebuah tiang bambu yang menjulang tinggi sekitar 8 meter dengan hiasan janur dan dilengkapi oleh hasil bumi seperti padi, kelapa, jagung, buah-buahan, dedaunan dan hasil bumi lainnya.

Ini sebagai lambang kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan).

Festival Penjor dan lomba membuat Gebokan diikuti oleh 40 peserta. Untuk Penjor yang sudah dibuat akan dipasang di hotel masing-masing peserta pada malam hari ini untuk menyambut datangnya Hari Raya Galungan.
 
 
Penulis 1 : Kontributor Denpasar, Sri Lestari
Editor : I Made Asdhiana
Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO