beritadunesia-logo

Brownies kemerdekaan raksasa sambut HUT Kemerdekaan RI

Sabtu,2015-08-15,10:30:20
brownies-kemerdekaan-raksasa-sambut-hut-kemerdekaan-ri | Berita Positive
lustrasi MURI Kue Brownies Sejumlah penonton mengamati kue Brownies untuk memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) di Universitas Negeri Jember (Unej), Jawa Timur, Kamis (23/10).
(Berita Dunesia) Bandarlampung (Berita Dunesia) - Kue brownies kemerdekaan raksasa ukuran 10,25 meter x 0,60 meter yang dibuat sebuah gerai roti dan kue multinasional di salah satu pusat perbelanjaan di Bandarlampung untuk menyambut HUT ke-70 Kemerdekaan RI tahun 2015.

"Kue yang dinamakan brownies kemerdekaan tersebut memiliki ukuran raksasa. Kue dibaluri dengan mesis, keju, dan krim sebagai hiasan di atas kue dengan tema kemerdekaan. Brownies tersebut akan dijual dan sebagian dibagikan secara gratis," kata Nita Sulitiawati, panitia pembuatan kue brownies itu, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan, brownies kemerdekaan tersebut dibuat dengan motif merah putih dan bertuliskan Dirgahayu Republik Indonesia. 

Panjang brownies tersebut dibuat tidak biasa, yaitu sepanjang 10,2 meter dengan lebar 60 sentimeter.

Menurutnya, pembuatan kue dengan tema kemerdekaan dilakukan karena selain ingin menyemarakkan suasana 17 Agustus, juga karena makna filosofis bahwa kemerdekaan berarti makanan dan gizi yang mencukupi.

Pembuatan brownies kemerdekaan itu, pihak panitia harus menyediakan bahan baku dalam jumlah yang istimewa, yaitu 150 kilogram telur, 12 kg keju parut, 150 kg tepung premix brownies, 15 kg butir cokelat, dan 25 kg butter cream.

"Dibutuhkan waktu dua hari untuk membuat adonan, dan lima jam untuk menghias brownies ini," ujarnya pula.

Ia menjelaskan, sebagian dari brownies kemerdekaan tersebut akan dijual per loyang dengan ukuran 20x20 sentimeter. 

Sebagian lain dari kue ini, akan dibagikan secara gratis kepada pengunjung pusat perbelanjaan pada 17 Agustus 2015.

Brownies kemerdekaan ini, lanjutnya, akan dipajang di Central Plaza selama empat hari, sejak 14 Agustus hingga 17 Agustus 2015. 

Dengan panjang mencapai 10,2 meter, brownies kemerdekaan itu dapat dibagi menjadi 150 loyang.

"Minat masyarakat Bandarlampung terhadap kue brownies cukup tinggi. Penjualan kue brownies dapat mencapai 10 loyang dengan ukuran 20x20 sentimeter per hari," ujarnya.
Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO