beritadunesia-logo

National Post



Dino Berharap Idealisme Generasi 2014 Meningkat

Selasa,2014-03-11,16:36:21
Dino Patti Djalal
(Berita Dunesia) (IANNnews) Ambon - Peserta konvensi capres Partai Demokrat Dino Patti Djalal berharap idealisme pada generasi pasca 2014 bisa lebih meningkat dari generasi sebelumnya.

Banyaknya kasus korupsi yang menjerat pejabat dan elit politik negeri ini, menurut Dino, karena mereka berpolitik tanpa idealisme.

Pernyataan tersebut disampaikan Dino pada pertemuan dengan aktivis Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Maluku di Ambon, Selasa (10/3).

Pada kesempatan tersebut, Dino mengemukakan alasannya mengikuti konvensi capres Partai Demokrat meski harus meninggalkan jabatan bergengsi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Dikatakan Dino, alasannya terjun mengikuti konvensi capres Partai Demokrat adalah untuk membantu membangun konsep Indonesia pasca 2014.

Menurutnya, tantangan generasi 2014 adalah apakah generasi 2014 bisa menghasilkan generasi yang berbobot dan lebih baik dari generasi 2004 dan 2009.

Dino juga mengatakan Pemilu 2014 menjadi ujian bagi meritokrasi di Indonesia. Demokrasi tanpa meritokrasi disebutnya akan cacat. Begitu pula birokrasi dan partai politik tanpa meritokrasi.

Oleh karena itu ia berharap masyarakat tidak memilih pemimpin berdasar latar belakang primordial.

Ditegaskan Dino, kalau Amerika bisa memilih orang kulit hitam menjadi presiden, mengapa Indonesia tidak?

Ia menyebutkan bahwa tonggak capaian berikutnya dalam demokrasi kita adalah rakyat memilih bukan karena primordial, tetapi karena meritokrasi.

"Masyarakat harus melihat dari kompetensinya. Dari kemampuannya memimpin bangsa ini," tuturnya.

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS