beritadunesia-logo

National Post



Diluncurkan KA New Bengawan Solo Purwosari Tanjungpriok Jakarta

Senin,2014-02-03,14:28:53
(Berita Dunesia) (IANNnews) Surakarta - Kereta Api (KA) New Bengawan jurusan stasiun Purwosari Solo Tanjung Priok Jakarta, Minggu (2/2/2014), resmi dioperasionalkan.

KA New Bengawan merupakan rangkaian KA Bengawan yang semula diberangkatkan dari stasiun Solo Jebres tujuan stasiun Pasar Senen Jakarta.

Manager Pemasaran Angkutan PT KA Daop VI Yogyakarta, Sigit Irawanta  menyampaikan, peluncuran KA New Bengawan dari stasiun Purwosari Solo, merupakan upaya PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menata keberadaan stasiun KA yang ada di Kota Solo. Untuk stasiun Purwosari difokuskan sebagai stasiun penumpang, sedangkan stasiun Solo Jebres difungsikan sebagai stasiun barang dan peti kemas.

“KA New Bengawan ini sama seperti KA Bengawan Solo Jakarta yang dulu, berupa kereta ekonomi AC dengan tujuh gerbong berkasitas 724 penumpang,” ungkapnya usai meresmikan operasional perdana KA New Bengawan di stasiun Purwosari Solo, Minggu sore (2/2/2014).

Disebutkan, KA New Bengawan diberangkatkan dari stasiun Purwosari tujuan Tanjung Priok Jakarta, pukul 15.35 WIB dengan harga tiket Rp95.000. Meski stasiun pemberangkatan dirubah, namun diyakini tingkat keterisian penumpang atau load factor KA New Bengawan bisa mencapai 100%, seperti KA Bengawan selama ini.

“Optimis, KA New Bengawan tetap penuh penumpang, karena keberadaan stasiun Purwosari ini juga lebih memudahkan penumpang mengakses alat transportasi lanjutan, begitu keluar stasiun langsung menuju jalan utama Slamet Riyadi Solo,” ujarnya.

Manager Humas PT KA Daop VI, Bambang Setiyo Prayitno juga menambahkan, adanya kebijakan merubah stasiun keberangkatan KA kelas ekonomi AC Solo Jakarta itu juga berdasarkan aspirasi masyarakat dan memudahkan akses mendapatkan alat transportasi lanjutan.

“Ini sebagai upaya PT KAI Daop VI dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Selain New Bengawan, pada kesempatan itu juga diluncurkan KA New Sidomukti tujuan Solo Balapan-Jogja-Kutoarjo. Semula KA kelas bisnis itu hanya melayani rute Solo Kutoarjo sekali dalam sehari, kini ditambah dua kali pergi pulang, berangkat dari stasiun Solo Balapan pukul 09.00 WIB dan 12.00 WIB, selanjutnya dari Kutoarjo pukul 10.30 WIB dan 13.30 WIB.
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS