beritadunesia-logo

National Post



Atasi Rob di Semarang, Tembok Raksasa akan Dibangun

Senin,2014-01-27,09:27:07
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
(Berita Dunesia) (IANNnews) Jakarta : Potensi bencana di Jawa Tengah tidak hanya berupa angin puting beliung, banjir dan longsor namun juga air pasang (rob) seperti di Kota Semarang. Bahkan penurunan mencapai 7-8 persen pertahun dan kondisi tersebut mengkhawatirkan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan soal rob di Kota Semarang sangat serius. Ia memiliki rencana untuk membangun tembok raksasa di laut (giant sea wall) atau membuat satu pantai untuk mendorong air rob seperti masukan dari pakar.

“Artinya regulasi harus ketat karena sosiologi berubah maka penyedotan air tanah dihentikan. Negara mensuplai dari air permukaan sehingga jika ini dilakukan dengan baik,” kata Ganjar Pranowo, dalam dialog bersama Pro3 RRI, Senin (27/1/2014).

Soal berbagai bencana di Jawa Tengah, mantan anggota Komisi II DPR itu mengaku pihaknya jauh sebelumnya telah mengirimkan surat edaran akan siaga terhadap perubahan cuaca yang diprediksi drastis.

Tidak hanya itu, sosialiasi terhadap penyelamatan saat bencana terus digencarkan.  Ia mencontohkan di Kabupaten dipasang sejenis alat peraga berisi petunjuk arah evakuasi atau penyelamatan jika terjadi gempa. Kemudian di lereng Merapi juga dipasang jalur evakuasi dan pendekatan budaya agar warga mau direlokasi dari pemukiman yang memiliki potensi bencana.

“Kalau ada gempa lari, jangan masuk ke rumah. Lari kemana? Ya lari ke tempat terbuka. Tsunami dikurangi resiko dengan memberikan titik arah”.

Soal tudingan Gubernur yang lebih berwacana ketimbang kerja riil, Ganjar Pranowo memakluminya. Ia mengungkapkan dalam memiliki gagasan, gubernur ingin mengajak partisipasi publik dengan melempar wacana ke publik.

“Saya ingin mengajak publik namun pendekatan kurang diminati. Kalau tidak mau ya sudah saya diam-diam saja,” ujarnya.
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS