beritadunesia-logo

Pantai Pulau Rupat

Pulau Rupat adalah sebuah pulau di Kabupaten Bengkalis, Riau. Pulau ini memiliki luas lebih kurang 1.500 km2 dan dihuni sekitar 47.000 jiwa penduduk.

Pulau ini dapat dijangkau dari Pekanbaru, Dumai atau Bengkalis. Jalur utama pengangkutan dari dan ke pulau ini adalah melalui laut. Telah ada jadwal transportasi tetap menuju ke pulau ini, yaitu jadwal penyebrangan Roro dumai rupat.

Perjalanan dari Dumai ke Pulau Rupat dapat ditempuh dalam waktu 20 - 30 menit dengan menggunakan Roro. Sedangkan berangkat dari Bengkalis membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan.

Pulau Rupat terbagi dua, yakni Rupat dan Rupat Utara. Penduduk di Rupat Utara lebih banyak dibandingkan di Rupat. Kira-kira hanya ada puluhan kepala keluarga di Rupat. Namun kini, penduduk Rupat dan Rupat Utara tidak jauh berbeda.Sepanjang perjalanan kita akan melihat pemandangan yang indah.

Salah satu obyek wisata yang sangat menarik bagi wisatawan maupun pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai di kawasan riau pesisir adalah Pulau Rupat Utara Tanjung Medang, Kabupaten Bengkalis. Sebenarnya, Pulau Rupat secara keseluruhan dibagi menjadi dua, yakni Rupat dan Rupat Utara. .

Kondisi alam di sini begitu indah dan alami. Hamparan pasir putih sepanjang 17 kilometer lebih dengan lebar 300-500 meter saat air laut surut, memaparkan suatu ‘maha karya’ seni sang Pencipta.