beritadunesia-logo

Diving di Pulau Komodo

\"\"(IANNnews) Labuan Bajo, NTT - Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO, selain memiliki habibat hewan asli komodo ternyata juga menyimpan keanekaragaman kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Keanekaragaman seperti ikan pari, hiu, terumbu karang, dan berbagai macam biota bawah laut, menjadikan Pulau Komodo surga bagi para penyelam.

Labuan Bajo adalah pintu masuk ke Pulau Komodo. Untuk sampai ke Labuan Bajo, Anda dapat menempuhnya dengan pesawat kecil, seperti Merpati dan Trigana Air dari Denpasar ke Bandar Udara Komodo.

Setibanya di Labuan Bajo kita dapat menyewa kapal kecil untuk menikmati pasir berwarna merah muda Pulau Komodo atau menggunakan LOB (live board) dengan kapal phinisi mengelilingi pulau-pulau kecil, seperti Pulau Wainilu, Pulau Batu Bolong, Pulau Tatawa Besar, Pulau Makaser, Pulau Lawa Laut, dan Pulau Cyrstal Rock.

Salah satu spot favorit bagi para penyelam adalah Batu Bolong dan Tatawa Besar. Di sinilah sering ditemukan ikan pari dan hiu karang bergerombol. Namun, dibutuhkan keahlian menyelam yang cukup karena arus di kedua pulau kecil ini cukup deras.

Jangan khawatir bagi Anda yang ingin melakukan penyelaman santai, di Crystal Rocklah tempatnya. Di sini banyak dijumpai terumbu karang yang berwarna-warni hanya di kedalaman 5 meter. Sering juga muncul penyu besar berenang mencari makan di sela-sela karang yang cantik dan bermain bersama ikan badut (clown fish). Bahkan sekawanan ikan tuna sering muncul di tempat ini.

Keindahan bawah laut pulau Komodo akan memberikan pengalaman dan menjadi obat penghilang kejenuhan. Mari menyelam di Pulau Komodo!