beritadunesia-logo

Rahasia benih kebaikan bisa sehatkan jiwa

Kamis,2015-08-06,08:30:39
rahasia-benih-kebaikan-bisa-sehatkan-jiwa | Berita Positive
ilustrasi
(Berita Dunesia) Jakarta - Benih kebaikan atau good deeds yang dimiliki setiap manusia apabila ditumbuhkan bisa menyehatkan jiwanya, menurut psikolog Ratih Ibrahim.

"Orang yang memiliki "good deeds" secara kejiwaan akan menjadi sehat, selain itu inner beauty juga akan keluar," ujar Ratih dalam seminar media bertema "Menjadi Relawan, Aksi Nyata Membangun Indonesia" yang diselenggarakan Nutrifood di Jakarta, Rabu.

Ratih memaparkan, benih kebaikan ini di antaranya terwujud dalam bentuk perilaku membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan.

Manifestasinya bisa beragam, mulai dari menjadi orang tua asuh, merawat gedung-gedung tua, hingga ikut dalam kegiatan volunteer.

Terlibat dalam kegiatan volunteer misalnya, kata dia, apabila dilakukan tanpa pamrih, bisa menambah kepuasan hidup seseorang.

Kondisi ini bisa berdampak pada meningkatnya kesehatan fisik dan jiwa orang itu sendiri. "Selain melayani orang lain, kegiatan volunteer juga melayani diri kita secara bersamaan, kemudian terbangun hubungan dengan orang lain. Pada saat manusia terhubung dengan mahluk hidup lain dan hubungan itu sehat, saya jamin membuat sehat," kata dia.

Di samping itu, kegiatan volunteer juga bisa menambah keahlian dan keterampilan seseorang, membantu mendapatkan hal-hal baru.

"Kegiatan volunteer memberi kepuasan hidup dan kesehatan fisik yang lebih baik. Orang yang happy, sel-sel tubuhnya akan tumbuh dengan baik. Riset juga menunjukkan mereka yang terlibat kegiatan ini terutama lansia, diketahui jarang mengalami sakit," pungkas Ratih.
Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO