beritadunesia-logo

Pendakian Gunung Gede Kembali Dibuka

Jumat,2016-04-15,08:58:45
pendakian-gunung-gede-kembali-dibuka | Berita Positive
Gunung Gede Pangrango
(Berita Dunesia)
JAKARTA - Pendakian ke Gunung Gede dan Pangrango, Jawa Barat, kembali dibuka. Hal tersebut dikemukakan oleh Kasie Wilayah 1 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Ardi Andono.


"Sudah dibuka dari 1 April," kata Ardi saat dihubungi KompasTravel, Selasa (12/4/2016).

Ia menambahkan keputusan untuk membuka kembali pendakian Gunung Gede dan Pangrango tersebut karena melihat cuaca sudah baik. Dengan cuaca baik tersebut, wisatawan akan dimudahkan ketika melakukan pendakian.

Dengan dibukanya pendakian ke Gunung Gede dan Pangrango, wisatawan bisa mendaki melewati tiga jalur resmi taman nasional. Tiga jalur tersebut adalah jalur Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana.

"Kuota (pendakian) 600 orang per hari," ungkapnya.

Sebelumnya, Taman Nasional Gunung Gede dan Pangrango ditutup sejak tanggal 1 Januari hingga 31 Maret 2016. Penutupan pendakian ke Gunung Gede dan Pangrango adalah hal rutin yang dilakukan oleh  Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Penutupan kawasan taman nasional dilakukan dalam rangka pemulihan ekosistem, perbaikan sarana prasarana pendakian, perbaikan manajemen pelayanan dan sistem booking online, dan pengkajian ulang daya dukung kawasan (kuota) kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu taman nasional yang berlokasi dekat dengan Jakarta. Di taman nasional ini, pengunjung dapat mendaki dua gunung yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Kawasan taman nasional ini berada di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

 

 

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F
Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO