beritadunesia-logo

Kurang gerak picu risiko degeneratif

Senin,2015-05-11,08:39:20
kurang-gerak-picu-risiko-degeneratif | Berita Positive
ilustrasi
(Berita Dunesia) Surabaya - Kurang gerak fisik dapat memicu risiko penyakit degeneratif atau menurunnya fungsi organ tubuh pada orang lanjut usia.

"Seiring berkembangnya waktu, gaya hidup kurang sehat dan kurangnya aktivitas fisik membuat terus berjangkitnya penyakit degeneratif," ujar Dokter Spesialis Gizi Dr dr Inge Permadhi  di sela Kampanye Hidup Sehat di Royal Plaza, Surabaya, Minggu

Macam-macam penyakit degeneratif terdiri dari diabetes, obesitas, jantung, stroke, osteoporosis, alzheimer, kanker dan parkinson.

Berdasarkan catatannya yang didapat dari data WHO tahun 2014, lanjut dia, sekitar 71 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut.

"Bahkan jumlah orang yang menderita penyakit ini terus meningkat di dunia dikarenakan gaya hidup kurang sehat, tingkat stres tinggi dan kurangnya aktivitas fisik," katanya.

Untuk menghindarinya, ia mengimbau masyarakat membiasakannya dengan hidup sehat serta mengkonsumsi makanan beragam, seimbang serta rutin berolahraga.

"Termasuk dalam kampanye ini, kami mengusung tiga pilar gaya hidup sehat, yakni diet seimbang, bergerak aktif, dan relaksasi," ujarnya.
Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO