beritadunesia-logo

Manakah yang lebih disukai, smartphone atau tablet?

Rabu,2016-01-06,13:03:42
-manakah-yang-lebih-disukai-smartphone-atau-tablet | Berita Positive
Ilustrasi
(Berita Dunesia)

Jakarta - Teknologi komunikasi berkembang dengan pesat. Dimulai ketika telepon muncul di awal abad 19, lalu berevolusi menjadi smartphone atau ponsel pintar, dan berkembang menjadi tablet yang menggabungkan fungsi PC dan telepon.

Berdasarkan Digital Publishing Report: Retail Apps dan Buying Habits yang dilakukan oleh Adobe Systems pada 2013, 79 persen konsumen responden cenderung memilih smartphone untuk mengecek email, termasuk membaca dan membalas email. Sementara hanya 72 persen yang memilih tablet untuk kebutuhan akan email tersebut.

Smartphone juga menjadi pilihan unggul bagi konsumen untuk aktifitas membaca berita (50 persen) dan mendengarkan musik (52 persen). Sementara, hanya 30 persen konsumen yang memilih membaca berita di tablet, dan 46 persen yang mendengarkan musik di tablet.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa lebih dari 60 persen konsumen memilih tablet untuk aktifitas bermain game dan akses Facebook. Sementara hanya 48 persen konsumen yang memilih bermain game di smartphone.

Sementara itu, aktifitas belanja online ternyata diakui oleh 44 persen responden lebih nyaman dilakukan di tablet, dan hanya 20 persen responden yang memilih melakukan aktifitas tersebut di smartphone.

Aktifitas diatas ternyata sudah diprediksi setahun sebelumnya, sebagaimana hasil survei yang dipublikasikan dalam ‘All About You’ Report di kuartal kedua 2012.

Laporan tersebut mengungkapkan jumlah waktu yang dihabiskan oleh konsumen beserta aktifitas yang dilakukan di gadget mereka.

Lima aktifitas teratas yang biasa dilakukan oleh konsumen di smartphone atau tablet adalah browsing internet, social networking (termasuk chatting dan aktifitas social media), bermain game, mendengarkan musik, serta telepon.

Menariknya, dengan ragam fitur yang ada di kedua gadget tersebut, telepon bukan lagi menjadi aktifitas utama yang banyak dilakukan oleh konsumen masa kini.

Dalam siaran pers Lenovo, Rabu, survei yang dilakukan perusahaan tersebut mengungkap bahwa konsumen menghabiskan waktu rata-rata 25 menit sehari untuk browsing internet, 17 menit sehari untuk social networking dan 14 menit sehari untuk bermain game, dan 16 menit sehari untuk mendengarkan musik.

Lebih lanjut, rata-rata konsumen hanya memanfaatkan fungsi smartphone dan tablet sebagai telepon selama 12 menit sehari.

 

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Terkait
DUNIPEDIA - Berita Dunesia
Fitrafood
REAFO