beritadunesia-logo
Luvinary
  

Ini Bahan yang Bikin Kentang Goreng McDonald's Enak!

Kamis,2014-08-14,10:44:22
Berita Terbaru
(Berita Dunesia) Jakarta - Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, mengapa kentang goreng buatan kita tak seenak kentang goreng McDonald's? Ternyata, McDonald's tak hanya menggunakan kentang, minyak goreng biasa, dan garam!

Untuk makanan sesepele kentang gorengpun, McDonald's memiliki formula spesial agar kentang gorengnya renyah, terlihat cantik, dan enak. Inilah beberapa bahan-bahannya, seperti dibocorkan Wired via CNN (17/07/2014):

1. Kentang


Sebagai bahan utama kentang goreng, McDonald's menggunakan kentang jenis Russet Burbank. Kentang ini memiliki bentuk lonjong yang cantik serta mengandung tepung dan gula dalam jumlah seimbang.

Kelebihan kandungan gula bisa menyebabkan kentang goreng memiliki bintik-bintik cokelat saat terkaramelisasi berlebihan. Rasanya jadi seperti gosong dan berbeda dengan kentang goreng pada umumnya yang berwarna kuning.

Untuk menghilangkan kelebihan kandungan gula, kentang diblansir setelah dipotong-potong.

2. Sodium Acid Pyrophosphate

Setelah digorengpun warna kentang bisa berubah menjadi kusam. Hal ini disebabkan oleh reaksi zat besi dan senyawa fenol dalam kentang, sehingga warna jaringan kentang berubah.

Ion fosfat dalam sodium acid pyrophosphate berfungsi memerangkap ion zat besi dan memperlambat reaksinya. Jadi, kentang tetap berwarna putih cantik selama diolah.

3. Minyak goreng 1

Awalnya, kentang goreng McDonald's digoreng dalam lemak sapi. Namun, karena konsumen meminta kandungan lemak jenuh kentang goreng diturunkan, McDonald's menggantinya dengan minyak sayur pada awal tahun 1990-an.

Minyak sayurpun diracik sedemikian rupa agar menyerupai lemak sapi. Ada campuran minyak canola (lemak jenuh 8%), minyak kedelai (lemak jenuh 16%), dan minyak kedelai terhidrogenasi (lemak jenuh 94%).

Rasa sapi dimunculkan dengan kombinasi gandum terhidrolisasi dan protein susu yang bisa jadi sumber asam amino rasa daging

4. Minyak goreng 2

Kentang goreng di McDonald's digoreng dua kali. Pertama di pabrik, lalu kedua di masing-masing restoran. Pada penggorengan kedua, minyak jagung dan bahan aditif TBHQ (tertbutylhydroquinone) ditambahkan. TBHQ dalam dosis tinggi bisa menyebabkan tumor lambung pada tikus.

Minyak goreng tersebut digunakan untuk menggoreng semua makanan. Jadi, McDonald's menempatkannya dalam wadah besar. Padahal, cara ini membuat minyak banyak terpapar udara yang bisa membuatnya tengik karena oksigen mengambil hidrogen dari lipid minyak. Karena itulah TBHQ ditambahkan sebagai antioksidan untuk menggantikan hidrogen yang hilang.

5. Dekstrosa

Mencelupkan kentang dalam larutan gula berbahan jagung berfungsi menggantikan manis alami yang hilang karena proses blansir. Lapisan luarnyapun jadi homogen dan berkaramelisasi merata.

6. Garam

Kristal garam yang ditaburkan setelah kentang digoreng berukuran seragam. Ukurannya cukup besar agar bisa diserap dengan cepat oleh kentang goreng yang masih panas.
Berita Terkait
dunipedia
Luvinary
REAFO

Fitrafood
GFS