beritadunesia-logo
Luvi-Adventure
  

Liburan di Bogor, Ini 5 Oleh-oleh Kekinian

Jumat,2017-08-04,09:07:16
Batik Bogor motif hujan gerimis, karya rumah Batik Bogor Kreasiku.
(Berita Dunesia)

JAKARTA - Selain Bandung, Bogor juga menjadi kota favorit warga Jakarta untuk liburan. Selain Jakarta, turis yang liburan di Bogor biasanya juga berasal dari Bodetabek dan Bandung. 

 

Bogor memang menyuguhkan banyak destinasi wisata, dari alam hingga kuliner. Warga kota ini pun terkenal kreatif dalam hal makanan. Tak heran, banyak oleh-oleh "kekinian" yang bisa dijadikan referensi buah tangan. Berikut KompasTravel rangkum beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Kota Hujan.

 

1. Bogor Raincake

Bogor Raincake diprediksi akan menjadi oleh-oleh kekinian dari Bogor. Bogor Raincake sendiri merupakan sebuah toko kue yang didirikan oleh salah satu artis tanah air, Shireen Sungkar.

 

Baru dibuka pada tanggal 8 April 2017, Bogor Raincake sudah mendapatkan banyak pesanan bahkan hingga sold out.

 

Bogor Raincake sendiri diambil dari nama rain yang berarti hujan, ini menandakan bahwa Bogor merupakan kota hujan. Saat ini terdapat 4 varian rasa Bogor Raincake yang bisa Anda nikmati, yakni Red Taro, Cheese Vanilla, Greentea Ovomaltine dan Crispy Peanut.

 

2. Kacang Bogor Istana

Ada salah satu kacang yang unik yang mungkin hanya tumbuh di Bogor. Kacang ini disebut sebagai Kacang Bogor oleh warga setempat. Sekilas kacang ini berbentuk seperti kacang tanah atau kacang kedelai, namun ternyata bukan.

 

Kacang Bogor mempunyai bentuk yang bulat dan warna yang unik, yakni ungu. Konon kacang ini hanya dapat tumbuh pada bulan-bulan tertentu saja, yaitu dari Februari – April. Tak perlu khawatir bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh Kacang Bogor ini.

 

Anda bisa mencari Kacang Bogor dengan merk Istana yang dapat dengan mudah ditemui. Anda dapat membeli Kacang Bogor Istana ini mulai dari harga Rp 17.500.

 

3. Strudel Bogor

Bagi orang Indonesia pada umumnya mungkin nama strudel terdengar asing. Namun bagi pecinta kue atau pastry, strudel bukan lagi hal baru. Strudel merupakan kue lapis asal Jerman dan Austria yang biasanya berisi apel.

 

Di Bogor, ternyata juga ada kue strudel. Namun yang membedakan strudel Bogor dengan lainnya adalah isinya, strudel Bogor menggunakan talas, asinan, martabak hingga bakso.

 

Bila Anda ingin berburu strudel Bogor, Anda bisa mengyambangi Toko Jumbo (Jumpa Bogor) yang berada di Jalan Padjajaran No. 78K. Harga per bungkusnya ditaksir mulai dari Rp 45.000 – Rp 55.000.

 

4. Batik Bogor

Bogor tak hanya identik dengan makanannya saja. Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa batik kepada orang tercinta di rumah.

 

Motif batik bogor sangat beragam, yakni sekitar 90 motif yang bisa Anda buru. Batik dengan motif hujan merupakan motif yang kerap kali diburu oleh wisatawan karena motif ini sangat menggambarkan Bogor.

 

Untuk berbelanja batik khas Bogor, Anda dapat mengunjungi salah satu toko Batik Bogor Tradisiku di Jalan Jalak Nomor 2, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Selain di toko ini, batik Bogor juga tersebar di beberapa pusat perbelanjaan di Bogor.

 

5. Bolu Lapis Sangkuriang

Satu lagi oleh-oleh yang populer di Bogor, yakni bolu lapis sangkuriang. Bolu ini terbuat dari talas Bogor yang sangat populer dan identik dengan warna ungu dan kuning.

 

Jika Anda membeli bolu ini, Anda bisa menambahkan berbagai topping, yakni keju, choco chip dan rainbow chip. Ingin segera membeli bolu lapis sangkuriang? Anda bisa bertolak ke tokonya yang terletak di Jalan Raya Sholeh Iskandar, Bogor.

 

 

PenulisAlek Kurniawan

EditorNi Luh Made Pertiwi F 

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS