beritadunesia-logo
Luvi-Adventure
  

Liburan di Belitung Makin Mudah, Ini Rencana Rute Enam Bus Baru

Jumat,2017-08-04,08:57:15
Pantai Tanjung Tinggi di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.
(Berita Dunesia)

BELITUNG - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ayie Thamrin mengungkapkan pihaknya akan menghidupkan kembali aktivitas di Terminal Tanjungpandan. Dalam waktu dekat akan ada enam unit bus dari Kementerian Perhubungan RI yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak 20 kursi.

 

"Inilah salah satu upaya pemerintah memberikan pemicu. Diawali dengan pemerintah memberikan rasa aman dan nyaman. Dibutuhkan juga kepastian masyarakat menggunakan bus. Yang sekarang ini "angin-anginan" karena ketidakpastian (angkutan bus ada atau tidak), masyarakat jadi males pakai angkutan," ungkap Ayie, kepada Pos Belitung.

 

Enam unit bus ini kata Ayie akan beroperasi dari Terminal Tanjungpandan menuju empat tujuan di antaranya Bandara HAS Hanandjoeddin, Mambalong, Sijuk dan Tanjung Kelayang.

 

"Mei ini semua kesiapan sudah lengkap karena kemarin masih terkendala administrasi STNK dan sebagainya" ujar Ayie.

 

Berdasarkan pantauan Pos Belitung, suasanadi Terminal Tanjungpandan Kabupaten Belitung tampak lengang. Kondisi ini sudah berlangsung lama. Jarang sekali terlihat bus yang mengangkut penumpang.

 

Padahal, terminal ini sudah ada sejak 25 Januari 1981 dan memiliki luas 7.468 meter persegi. Tak ada jadwal baku keberangkatan bus di terminal ini.

 

Setidaknya ada, tiga bus berkapasitas 15 sampai 30 orang melayani perjalanan dari Tanjungpandan ke Manggar. Mereka beroperasi mulai pukul jam 06.30-18.00 WIB. Ongkosnya sebesar Rp 25.000 per orang.

 

"Jadwal keberangkatan bus bisa berubah karena nunggu penumpang agak banyak baru berangkat. Seingat saya jarang full (penuh)," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tanjungpandan, Sofyan Kepala UPTD Terminal Tanjungpandan. ‎

 

Penurunan jumlah penumpang, menurut Sofyan, disebabkan karena masyarakat sudah banyak beralih pada kendaraan pribadi.

 

 

EditorNi Luh Made Pertiwi F

SumberPos Belitung, 

 

 

 

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS