beritadunesia-logo

Jakarta Times



Ragam Motif Batik Betawi dari Berbagai Zaman

Selasa,2017-10-03,13:58:54
Oleh-oleh Jakarta di Betawi Store.(KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)
(Berita Dunesia)
JAKARTA - Ternyata bukan hanya daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur saja yang memiliki batik. Beberapa tahun belakangan ini, batik betawi sebagai identitas Jakarta kian dikenal publik.

Salah satu tempat oleh-oleh dan suvenir khas Betawi yang menyajikan ragam batik ini ialah di Betawi Store. Sebuah toko yang sangat khas budaya Betawi ini berlokasi di kawasan Monas, tepatnya di dalam area Lenggang Jakarta.


Berburu batik betawi, Anda harus kenal dulu ragam motifnya. Dahulu Betawi memiliki ragam jenis motif batik khas, yang sekarang sudah berganti dan jarang ditemui.

Ragam motif batik kuno khas betawi tersebut antara lain ialah motif nusa kelapa, motif ciliwung, motif rasamala, motif salaka negara, dan motif pucuk rebung. Sayangnya kini motif batik betawi tersebut sudah sulit ditemui.


Satu-satunya motif kuno khas batik betawi yang masih mudah ditemukan pada saat ini ialah motif ondel-ondel, yang melambangkan tolak bala. Eksistensi motif ini sejalan dengan ondel-ondel yang tetap populer pada perayaan-perayaan budaya Betawi.

Meski begitu seperti yang ada di Betawi Store ini, ragam motif tersebut terus berganti sesuai tren dan perkembangan zaman di Jakarta.

Usaha batik betawi Terogong didirikan Siti Laela dan keluarganya setahun lalu. Batik Betawi menggunakan teknik serupa dengan batik lainnya yang menggambar menggunakan canting untuk mengalirkan lilin batik (malam) . Keunikan batik betawi pada motifnya yang menampilkan ikon-ikon khas betawi.
Usaha batik betawi Terogong didirikan Siti Laela dan keluarganya setahun lalu. Batik Betawi menggunakan teknik serupa dengan batik lainnya yang menggambar menggunakan canting untuk mengalirkan lilin batik (malam) . Keunikan batik betawi pada motifnya yang menampilkan ikon-ikon khas betawi.(KOMPAS/INDIRA PERMANASARI)
Kini ragam motif batik betawi yang eksis seperti motif monas, batik betawi motif kembang kelapa, hingga motif Trans Jakarta atau busway sebagai transportasi umum di Jakarta.
"Batik dengan corak monas, kembang kelapa, dan ondel-ondel menjadi favoritnya," ujar Aria, salah satu karyawan di Betawi Store ini kepada KompasTravel saat dikunjungi, Sabtu (16/9/2017).

Untuk batik printing dijual Rp 130.000 per dua meter, batik cap Rp 250.000 per dua meter, sedangkan batik tulis Rp 850.000. Sedangkan untuk yang sudah berbentuk kemeja Rp 150.000.

Selain batik, di sini juga tersedia aneka busana khas Betawi, mulai dari aneka batik, kain sarung betawi, kebaya, dan baju adat sadariah.
 
 
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana 
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS