beritadunesia-logo

Jakarta Times



Pertama Kali Wisata di Jakarta, Ini 5 Hal yang Wajib Dicoba

Senin,2017-12-04,10:20:34
(Berita Dunesia)

JAKARTA- Berwisata ke Jakarta bukan ide yang buruk. Ada banyak hal yang dapat dieksplorasi dari ibu kota Indonesia ini. Pilihan transportasi dan akomodasi di Jakarta yang beragam semakin mendukung Anda untuk berwisata di Jakarta.

Apabila baru pertama kali ke Jakarta, ada banyak hal seru yang sayang untuk dilewatkan. Berikut lima di antaranya seperti dihimpun KompasTravel.

1. Mencoba aneka transportasi kota

Menjajal Transjakarta dan bajaj menjadi agenda seru di Jakarta. Dua transportasi ini menjadi ciri khas ibu kota. Transjakarta memiliki trayek panjang dan ongkos murah yakni Rp 3.500 sekali perjalanan. Sedangkan bajaj merupakan transportasi lawas di Jakarta yang masih bertahan hingga kini. Bajaj di Jakarta memiliki rute operasional yang terbatas, ongkos disesuaikan dengan hasil tawar-menawar dengan pengendara bajaj sebelum masuk.

2. Berwisata ke Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas menjadi lambang dari Jakarta. Rasanya kurang lengkap jika belum berpose dengan latar belakang Monas. Selain berpose di area Monas, kegiatan lain yang dapat dilakukan adalah naik ke atas Monas di malam hari, memandang cahaya lampu Jakarta, dan melihat pertunjukan air mancur menari di halaman Monas setiap akhir pekan.

 

Makanan khas Betawi, Nasi Ulam menjadi menu yang selalu dinanti di Food Garden, Kamis (31/12/2015).
Makanan khas Betawi, Nasi Ulam menjadi menu yang selalu dinanti di Food Garden, Kamis (31/12/2015).(Kompas.com/Ersianty Peginusa Wardhani)

 

3. Mencicipi kuliner langka di Jakarta

Sebagai ibu kota negara tak sulit untuk menemukan berbagai kuliner daerah Indonesia di Jakarta. Justru yang sulit adalah menemukan hidangan asli Jakarta.

Untuk mencicipi kuliner asli Jakarta seperti nasi ulam, nasi uduk, gabus pucung, gurame pecak, sayur besan, dan sayur babanci, wisatawan dapat berkunjung ke sentra kuliner Betawi. Contohnya akwasan Condet, Pasar Minggu, Meruya, Rawa Belong, dan Setu Babakan.

4. Menjajal mal dan pusat belanja

Mari berkunjung ke hiburan ala masyarakat Jakarta pada umumnya yakni mal. Di Jakarta menjamur mal-mal yang sangat luas dengan aneka fasilitas mumpuni. Masing-masing mal memiliki ciri khas tersendiri, misal mal yang memiliki taman terbuka, mal yang memiliki pertunjukan air mancur menari, mal yang memiliki bianglala terbesar, dan masih banyak lainnya. Untuk komoditas, hampir setiap mal seragam.

Selain mal, Jakarta juga memiliki pusat belanja murah seperti Tanah Abang yang terkenal dengan sentra pakaian, Asemka sebagai sentra aksesoris, Pasar Jatinegara atau Mester sebagai sentra grosir, dan Pasar Baru sebagai sentra sepatu.

 

Suasana di kompleks Museum Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta yang dipadati pengunjung, Jumat (30/6/2017).
Suasana di kompleks Museum Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta yang dipadati pengunjung, Jumat (30/6/2017).(Kompas.com/Erwin Hutapea)

 

5. Melancong ke ikon wisata Jakarta

Selain Monas, Jakarta memiliki ikon wisata lain yakni kawasan Kota Tua dan Taman Impian Jaya Ancol. Keduanya terletak di Jakarta Utara. Kota Tua menjadi alternatif wisata murah dan edukatif bagi anak-anak. Sedangkan di Ancol, wisatawan dapat berkunjung ke berbagai wahana seperti Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld, dan masih banyak lainnya.

 

SILVITA AGMASARI 

Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS