beritadunesia-logo

International News



Tim Identifikasi Belanda Tiba di Donetsk, Ukraina

Senin,2014-07-21,15:19:05
Petugas sedang mencari tubuh korban pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh karena diduga ditembak
(Berita Dunesia) Ukraina - Tim identifikasi korban tragedi MH17 dari Belanda tiba di kota Donetsk, Ukraina, Senin. Tim yang terdiri dari tiga orang itu adalah penyidik internasional pertama yang mencapai wilayah kekuasaan pemberontak Pro Rusia sejak pesawat Malaysia MH17 jatuh pekan lalu.

Tidak ada satupun dari anggota tim yang bersedia memberi keterangan. Hanya saja, seorang perwakilan pemberontak di kawasan Donetsk menyatakan pimpinan mereka siap bertemu dan membantu tim tersebut untuk mencapai lokasi kejadian atau ke lokasi kereta berpendingan yang menyimpan jasad para korban.

Sergei Kavtaradze, seorang pejabat dari kelompok pemberontak mengatakan akan mengikuti saran para pakar internasional mengenai kemana kereta tersebut akan dikirimkan.

"Kami tengah menunggu para pakar datang dan memutuskan," katanya.

Para pejabat Malaysia juga direncanakan tiba di timur Ukraina pada Senin.

Pejabat dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE) telah berada di Donetsk sejak akhir April untuk memantau situasi di wilayah yang dikuasai pemberontak tersebut.

Mereka merupakan satu-satunya pejabat internasional yang berada di lokasi kejadian, dimana para penyelidik harus memastikan keamanan agar mereka mempunyai kesempatan mengetahui apa dan siapa yang menyebabkan pesawat itu jatuh.

Sebuah sumber di OSCE mengatakan para pakar dari Belanda akan menuju kota Torez untuk mengecek jasad-jasad yang disimpan di kereta berpendingin.
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS