beritadunesia-logo

International News



Polisi Tahan 49 Pelaku Bentrok Sri Lanka

Rabu,2014-06-18,15:39:37
Sri Lankan police officers patrol outside a vandalized mosque in Colombo, Sri Lanka, Sunday, Aug. 11, 2013.
(Berita Dunesia) Alutgama - Polisi Sri Lanka menangkap 49 orang terkait serangan kelompok garis keras Budha Bodu Bala Sena (BBS) terhadap Muslim di Alutgama. Juru bicara polisi Sri Lanka, Ajith Rohana, mengatakan orang-orang yang ditangkap itu berasal dari kelompok Budha maupun muslim.
 
"Kami telah menangkap 49 dan 25 dari mereka dikirim ke penjara. Penangkapan lebih lanjut akan berlangsung hari ini," katanya kepada AFP, Rabu (18/6).
 
Jam malam telah dicabut di Beruwala dan Alutgama yang penduduknya mayoritas muslim. Ratusan tentara telah dikerahkan untuk membantu polisi mengatasi kekerasan.

Bentrokan terjadi di Aluthgama yang berjarak 60 kilometer selatan Colombo, Ahad (16/6) waktu setempat, setelah sekelompok biksu Buddha melakukan protes atas serangan sebelumnya yang dilakukan kelompok Muslim di wilayah itu. Mereka melempari batu ke arah masjid dan dibalas umat Muslim. Sedikitnya empat Muslim tewas dan 75 terluka dalam serangan tersebut.
 
Serangan tersebut adalah yang terbaru dalam serangkaian bentrokan agama sejak kerusuhan pada Januari tahun ini dan tahun lalu. Ketika itu massa Budha menyerang sebuah masjid di ibukota Kolombo.
 
Sekitar 10 persen dari 20 juta populasi Sri Lanka adalah Muslim. Sayangnya, Muslim mengalami diskriminasi dan dituduh kaum nasionalis memiliki pengaruh yang tidak semestinya di negara berpenduduk mayoritas Budha.
Berita Terkait
WIAPEDIA
Fitrafood
REAFO
GFS